20151017

KISI-KISI UKG BAHASA JAWA (MULOK) SMP TAHUN 2015

KISI-KISI UKG BAHASA JAWA (MULOK) SMP TAHUN 2015
INDIKATOR ESENSIAL

A. Pedagogik

1
1.1.1 Menjelaskan karakteristik peserta
didik yang berkaitan dengan aspek fisik,
intelektual, dan sosial- emosional

2
1.1.2 Mengidentifikasi karakteristik
peserta didik yang berkaitan dengan latar
belakang sosial budaya

3
1.1.3 Menentukan karakteristik peserta
didik yang berkaitan dengan aspek fisik,
intelektual, dan sosial- emosional

4
1.1.4 Mengidentifikasi karakteristik
peserta didik yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, dan sosial-emosional

5
1.1.5 Mengidentifikasi karakteristik
peserta didik yang berkaitan dengan latar
belakang sosial budaya

6
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta
didik dalam mata pelajaran
yang diampu.

7
1.4.1 Menjelaskan teori tentang kesulitan
belajar peserta didik
dalam menguasai pengetahuan
dan keterampilan.

8
1.4.2 Mengidentifikasi kesulitan belajar
peserta didik dalam menguasai
pengetahuan maupun ketrampilan.

9
1.4.3 Mengidentifikasi faktor-faktor
kesulitan belajar.

10
1.4.4 Mengidentifikasi ciri-ciri peserta
didik yang mengalami kesulitan belajar

11
1.4.5 Melaksanakan langkah-langkah
mengatasi kesulitan belajar

12
2.2.1 Mengidentifikasi berbagai
pendekatan pembelajaran dan ciri- cirinya.

13
2.2.2 Mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan masing-masing pendekatan
pembelajaran

14
2.2.3 Mengidentifikasi berbagai strategi
pembelajaran dan ciri-cirinya

15
2.2.4 Mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan masing-masing strategi
pembelajaran

16
2.2.5 Menerapkan pendekatan
pembelajaran yang mendidik dan
menyenangkan.

17
2.2.6 Menerapkan strategi pembelajaran
yang mendidik dan menyenangkan.

18
3.3.1 Mengidentifikasi model-model
pembelajaran

19
3.3.2 Mengidentifikasi ciri-ciri model
pembelajaran.

20
3.3.3 Memilih model pembelajaran yang sesuai
dengan tujuan.

21
3.3.4 Menerapkan pengalaman belajar
untuk mencapai tujuan pembelajaran

22
3.3.5 Mengevaluasi penerapan
pengalaman belajar.

23
3.4.1 Memahami materi pembelajaran
tentang materi fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur

24
3.4.2 Memahami prinsip-prinsip memilih
materi pembelajaran.

25
3.4.3 Memahami kriteria pemilihan materi
pembelajaran

26
3.4.4 Menguraikan langkah-langkah
memilih materi pembeljaran

27
3.4.4 Memilih materi pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan

28
3.4.5 Menetapkan materi pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan.

29
3.4.6 Menerapkan materi pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan.

30
3.4.7 Mengevaluasi materi
pembelajaran

31
4.3.1 Mengidentifikasi syarat-syarat
rancangan pembelajaran

32
4.3.2 Memahami regulasi tentang rancangan
pembelajaran

34
4.3.3 Memahami tujuan rancangan
pembelajaran

35
4.3.4 Memahami rumusan tujuan
rancangan pembelajaran

36
4.3.5 Menyusun rancangan
pembelajaran sesuai denganmata pelajaran
yang diampu.

37
4.3.6 Mengevaluasi rancangan pembelajaran
yang telah disusun

38
4.4.1 Menjelaskan kriteria minimal guru
professional dalam melaksanakan
pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di
lapangan.

39
4.4.2. Menerapkan pembelajaran yang
profesional di kelas, di laboratorium, dan di
lapangansesuai hasil rancangan

40
4.4.3. Mensimulasikan berbagai peran
guru dalam pembelajaran di kelas, di
laboratorium, dan di lapangansesuai standar
keamanan yang dipersyaratkan

41
4.4.4. Menguraikan konsep belajar
mengajar sesuai keterampilan abad 21.

42
4.4.5. Merancang pembelajaran sesuai
keterampilan abad 21

43
4.5.1. Menjelaskan pentingnya
mengembangkan media pembelajaran yang
relevan dengan karakteristik peserta didik dan
mata pelajaran yang diampu.

44
4.5.2. Menjelaskan karakteristik dan
prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran
sesuai karakteristik peserta didik dan mata
pelajaran yang diampu

45
4.5.3. Menjelaskan pemanfaatan
berbagai sumber belajar yang sesuai
karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
yang diampu.

46
4.5.4. Merancang penggunaan media
pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar
yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
dan mata pelajaran yang diampu.

47
4.5.5. Menggunakan media
pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar
sesuai hasil
rancangan.

48
5.1.1. Menjelaskan pentingnya
mengembangkan digital literacy skills secara
global.

49
5.1.2. Merancang pengembangan digital
literacy skills dalam pembelajaran, secara
bertahap.

50
5.1.3. Menerapkan digital literacy skills
dalam pembelajaran secara bertahap sesuai
hasil rancangan.

51
6.1.1. Menjelaskan pentingnya
keterampilan belajar kritis dan inovasi untuk
mendukung peserta didik mencapai prestasi
optimal

52
6.1.2. Merancang pengembangan keterampilan
belajar kritis dan
inovasi dalam pembelajaran untuk mendukung
peserta didik mencapai prestasi optimal.

53
6.1.3. Menerapkan keterampilan belajar
kritis dan inovasi dalam pembelajaran sesuai
hasil rancangan

54
7.2.1 Membangun iklim kelas
membantu peserta didik untuk
mencapai tujuan pembelajaran

55
8.2.1 Mendeskripsikan secara jelas,
tepat dan rinci sistem penilaian acuan

56
8.2.2 Menjabarkan secara jelas dan rinci aspekaspek
yang perlu
diperhatikan dalam sistem penilaian proses
dan hasil belajar

57
8.2.3 Membedakan secara jelas dan
rinci berbagai teknik dan bentuk instrumen
penilaian hasil belajar

58
8.4.1 Mengidentifikasi teknik dan bentuk
instrumen penilaian hasil belajar yang tepat
dan sesuai untuk materi pelajaran yang
diampu, baik untuk
ranah sikap, pengetahuan maupun
keterampilan

59
8.4.2 Menentukan teknik dan bentuk
instrumen penilaian hasil belajar yang tepat
dan sesuai untuk materi pelajaran yang
diampu, baik untuk ranah sikap, pengetahuan
maupun keterampilan

60
8.4.3 Menyusun berbagai instrumen
penilaian hasil belajar yang telah ditentukan
sesuai dengan materi pelajaran untuk ranah
sikap, pengetahuan dan keterampilan

61
8.7.1 Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk
materi pelajaran yang diampu baik untuk ranah
sikap, pengetahuan maupun
keterampilan

62
8.7.2 Mengolah/menganalisis penilaian
proses dan hasil belajar sesuai dengan
standar, kriteria dan sistem yang ditetapkan

63
8.7.3 Melaporkan hasil analisis terhadap
penilaian proses dan hasil belajar

64
9.1.1. Menganalisis hasil penilaian
pembelajaran

65
9.1.2. Menafsirkani hasil penilaian
pembelajaran

66
9.1.3. Menggunakan hasil analisis
penilaian untuk menentukan ketuntasan
belajar.

67
9.2.1 Menganalisis hasil penilaian
untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar
yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan
kelemahan masing‐masing
peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.

68
9.2.2 Merancang program remedial bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar minimal dalam kompetensi tertentu

69
9.2.3 Merancang program pengayaan
bagi peserta didik yang telah mencapai
ketuntasan belajar

70
10.1.1 Menentukan bagian-bagian
pembelajaran yang memerlukan perbaikan.

71
10.1.2 Merancang langkah-langkah
perbaikan

72
10.1.3 Memanfaatkan masukan dari
peserta didik dan merefleksikannya untuk
meningkatkan pembelajaran selanjutnya.

73
10.1.4 Memanfaatkan hasil penilaian
sebagai bahan penyusunan rancangan
pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya

74
10.1.5 Mengembangkan diri secara
terus menerus untuk meningkatan
profesionalisme sebagai pendidik
dakan kelas

75
10.3.2 Mengidentifikasi permasalahan
dalam pelaksanaan
pembelajaran pada mata
pelajaran yang diampu

76
10.3.3 Merencanakan penelitian tindakan kelas

77
10.3.4. Melaksanakan penelitian
tindakan kelas

78
10.3.5 Melakukan refleksi terhadap
proses dan hasil pelaksanaan tindakan dan
hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan
pada siklus berikutnya untuk meningkatkan
hasil yang lebih baik.

79
10.3.6 Mengevaluasi hasil Penelitian
Tindakan Kelas

80
10.3.7 Menyusun Laporan Penelitian
Tindakan Kelas


B. Profesional

1
20.1.1 Menganalisis teks lisan berupa sapaan,
pamitan, ucapan terima kasih, dan
permintaan maaf yang sesuai
dengan unggah-ungguh Jawa untuk
menjalin kedekatan pribadi dengan orang
lain di lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat.

2
20.1.2 Menyimpulkan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk menceritakan pengalaman pribadi /
kegiatan/ kejadian/ peristiwa pendek.

3
20.1.3 Meyimpulkan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk menanggapi cerita pengalaman
pribadi.

4
20.1.4 Meyimpulkan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
dari teks khusus yang
memuat cangkriman dan parika.

5
20.1.5 Meyimpulkan tujuan, struktur teks, unsur
kebahasaan, dan pesan moral dari teks
lisan dan tulis yang berupa puisi Jawa
(geguritan).

6
20.1.6 Meyimpulkan i tujuan, struktur teks, unsur
kebahasaan, dan pesan moral dari teks lisan
dan tulis yang berupa
lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi

7
20.1.7 Menganalisis teks khusus yang berupa
kalimat sederhana beraksara Jawa.

8
20.2.1 Menganalisis teks lisan untuk mengucapkan
dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima
kasih, dan permintaan maaf dengan unsur

9
20.2.2 Menganalisis teks lisan dan tulis untuk
menceritakan pengalaman pribadi / kegiatan/
kejadian/ peristiwa pendek dengan
unsurunggah-ungguh yang benar dan sesuai
konteks.

10
20.2.3 Menganalisis teks khusus yang
memuat cangkriman dan parikan dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan secara benar dan sesuai dengan
konteks.

11
20.2.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengungkapkan perasaan terhadap berbagai
hal dalam bentuk puisi Jawa (geguritan).

12
20.2.5 Mengungkapkan pesan moral dalam
geguritan

13
20.2.6 Menyanyikan lagu dolanan dan tembang

14
20.2.7 Mengungkapkan pesan dalam
lagu dolanandan tembang Macapat Kinanth

15
20.2.8 Membaca kalimat sederhana beraksara
Jawa.

16
20.2.9 Menulis kalimat sederhana beraksara
Jawa.

17
20.3.1 Menganalisis teks untuk meminta
perhatian, mengecek pemahaman, memuji,
dan meminta izin atau permisi dengan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks, serta sesuai denganunggahungguh
Jawa.

18
20.3.2 Menganalisis tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk menceritakan siaran berita berbahasa
Jawa.

19
20.3.3 Menganalisis i tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk menanggapi siaran berita berbahasa
Jawa

20
20.3.4 Menganalisis tujuan, struktur teks, unsur
kebahasaan, dan pesan moral dari teks
lisan dan tulis yang berupa cerita pendek
berbahasa Jawa(cerkak).

21
20. 3.5 Menganalisis tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk menanggapi cerita pendek berbahasa
Jawa(cerkak).

22
20.3.6 Menganalisis tujuan, struktur teks, unsur
kebahasaan, dan pesan moral dari teks
lisan dan tulis yang berupa puisi Jawa
(geguritan).

23
20.3.7 Menganalisis tujuan, struktur teks, unsur
kebahasaan, dan pesan moral dari teks
lisan dan tulis yang berupa tembang

24
20.3.8 Menganalisis teks khusus yang berupa
kalimat sederhana beraksara Jawa.

25
20.4.1 Menyusun teks lisan untuk mengucapkan
dan merespon permintaan perhatian,
pengecekan pemahaman, pujian, dan
permintaan izin atau permisi dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks, serta sesuai denganunggahungguh
Jawa.

26
20.4.2 Menangkap informasi-informasi dalam
berita berbahasa Jawa

27
20.4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menanggapi informasi-informasi dalam
siaran berita berbahasa Jawa

28
20.4.4 Mengurai unsur-unsur intrinsik (tema,
tokoh, latar, dan pesan moral) dalam cerita
pendek berbahasa Jawa (cerkak).

29
20.4.5 Membaca teks tulis puisi Jawa

30
20.4.6 Menyanyikan tembang Macapat
Pangkur danMaskumambang

31
20.4.7 Menangkap pesan dalam tembang
Macapat Pangkur dan Maskumambang

32
20.4.8 Membaca kalimat beraksara Jawa.

33
20.4.9 Menulis kalimat beraksara Jawa

34
20.5.1 Menganalisis teks untuk , menyatakan
setuju/ tidak setuju, menanggapi jawaban
tidak benar, memberi semangat,
menyatakan harapan atau doa, menyatakan
ikut berbahagia maupun berbela sungkawa.

35
20.5.2 Menganalisis tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis pranatacara (MC) dalam kegiatan
sederhana.

36
20.5.3 Mengevaluasi tujuan, struktur teks, dan

37
20.6.4 Menelaah tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis yang
memuatsesorah (pidato) sederhana
berbahasa Jawa.

38
20.5.5 Menelaah tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
menanggapi sesorah (pidato) sederhana
berbahasa Jawa.

39
20.6.6 Menganalisis tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis
yang berupa karya jurnalistik Jawa.

40
20.5.7 Mengevaluasi paragraf sederhana
beraksara Jawa.

41
20.6.1 Menyusun teks lisan untuk menyatakan
setuju/ tidak setuju, menanggapi jawaban

42
20.6.2 Menyusun kerangka pokok dari teks lisan
dan tulis pranatacara (MC) kegiatan
sederhana.

43
20.6.3 Mengembangkan kerangka pokok teks lisan
dan tulis pranatacara(MC) kegiatan
sederhana.

44
20.6.4 Menyusun kerangka pokok dari teks lisan
dan tulis sesorah (pidato) kegiatan
sederhana.

45
20.6.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menanggapi sesorah (pidato) dalam
kegiatan sederhana.

46
20.6.6 Menyusun teks lisan dan tulis karya

47
20.6.7 Membaca paragraf sederhana beraksara
Jawa.

48
20.6.8 Menulis paragraf sederhana beraksara
Jawa

49
20.2.1 Menelaah penelitian dengan pendekatan
kualitatif

50
20.2.2 Menelaah penelitian dengan pendekatan
kuantitatif

51
20.2.3 Menelaah penelitian pengembangan

52
20.2.4 Melakukan penelitian

53
20.2.5 Menyusun laporan penelitian

54
20.2.1 Menelaah sejarah aksara (huruf ) jawa

55
20.2.2 Menelaah sejarah bahasa jawa

57
20.2.3 Menelaah sejarah budaya jawa

58
20.2.4 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa jawa sebagai anugrahTuhan Yang
Maha Esa sebagai ciri khas masyarakat
Jawa untuk memperkaya ragam bahasa dan
budaya Indonesia

59
20.2.5 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Jawa sebagai anugrahTuhan Yang
Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis

60
20.2.6 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Jawa sebagai anugrahTuhan Yang
Maha Esa sebagai sarana menyampaikan
informasi lisan dan tulis