RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP BERDIALOG)
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
VII/ I
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran pendapat, gagasan
dan perasaan secara lisan melalui berbicara, bertelepon, dan berdialog dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh basa yang sesuai.
Kompetensi Dasar : 2.1.
Berdialog
Indikator
: 2.1.1 Membuat rancangan dialog dengan semangat kerja keras.
2.1.2 Melakukan dialog sesuai dengan teks yang dibuat secara bersahabat/
komunikatif.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
1.1 Siswa dengan semangat kerja keras dapat melakukan
dialog sesuai dengan konteks pembicaraan dengan bahasa yang tepat.
1.2 Mampu mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya
jawab sesuai konteks secara bersahabat/komunikatif menggunakan bahasa yang tepat.
2. Materi Pembelajaran
2.1 Dialog tentang
data pribadi
3. Metode Pembelajaran
3.1
Tanya jawab
3.2
Demonstrasi
3.3
Ceramah
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
4.1 Pertemuan 1
4.1.1 Kegiatan Awal
4.1.1.1 Memeriksa kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
4.1.1.2 Memotivasi siswa untuk
berani berkomunikasi berbahasa Jawa
4.1.1.3 Membagi kelompok untuk
praktik berdialog
4.1.2 Kegiatan Inti
4.1.2.1 Eksplorasi
4.1.2.1.1Siswa
di dalam kelompoknya mencari topik/permasalahan yang akan didialogkan.
4.1.2.2
Siswa merancang tokoh-tokoh dalam dialog
4.1.2.2 Elaborasi
4.1.2.2.1Siswa
membuat naskah dialog bersama kelompok.
4.1.2.2.2
Siswa memerankan dialog sesuai dengan naskah
4.1.2.3 Konfirmasi
4.1.2.3.1
Siswa melakukan refleksi atas dialog yang dilakukan
4.1.2.3.2
Siswa mendengarkan ulasan umum dialog yang telah berlangsung
4.1.3 Kegiatan Akhir
4.1.3.1 Memperhatikan
pesan/simpulan.
4.1.3.2 Mencatat tugas dari
guru untuk rancangan materi berikutnya.
4.2 Pertemuan
2:
4.2.1 Kegiatan Awal
4.2.1.1 Memeriksa kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
4.2.1.2 Memotivasi
dengan pentingnya melakukan kegiatan dengan kesungguhan
4.2.2 Kegiatan Inti
4.2.2.1 Eksplorasi
4.2.2.1.1 Siswa menyeting
tempat untuk berdialog
4.2.2.1.2 Siswa
memeriksa kembali naskah yang telah dibuat minggu yang lalu
4.2.2.2 Elaborasi
4.2.2.2.1 Siswa
melanjutkan berdialog.
4.2.2.2.2
Siswa berdiskusi tentang peran yang telah dilakukan
4.2.2.3 Konfirmasi
4.2.2.3.1
Siswa menyampaikan catatan hasil diskusi tentang dialog yang telah dilakukan.
4.2.2.3.2
Siswa
mendapatkan penguatan tentang dialog
4.2.2.3.3
4.2.3 Kegiatan Akhir
4.2.3.1
Memperhatikan pesan/simpulan.
4.2.3.2 Mencatat tugas dari guru
untuk rancangan materi berikutnya
5. Sumber
Belajar
5.1 Buku
Sinau Basa Jawa
5.2 LKS
Pinter Basa
6. Penilaian:
6.1 Jenis:
6.1.1 Tertulis
6.1.2 Unjuk kerja
6.2 Bentuk:
6.2.1 Uraian
6..2.1 Uji petik kompetensi
6.3 Instrumen
1. Tulisen rancangan pacelathon sing arep kolakokake !
2. Tindakna pacelathon kaya rancangan sing wis kogawe!
FORMAT PENGAMATAN PERILAKU
BERKARAKTER
Kelas : .............................
Tanggal Pengamatan : ............................
FORMAT PENGAMATAN
KETERAMPILAN SOSIAL
Kelas : .............................
Tanggal Pengamatan : ............................
Keterangan :
A = Sangat baik
B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan Perbaikan
Mengetahui Semarang, Juli 2015
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
.......................... ...................................