Nilai-nilai dalam Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa
Nilai-nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa pada dasarnya bersumber dari
agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Sumber nilai-nilai
tersebut secara holistik dijabarkan dalam daftar berikut.
No
|
NILAI
|
DESKRIPSI
|
1
|
Religius
|
Sikap dan perilaku yang patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan
ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
|
2
|
Jujur
|
Perilakun yang didasarkan
pada upaya menjadikan diri sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam
perkataan, tindakan dan pekerjaan
|
3
|
Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang
lain yang berbeda dari dirinya
|
4
|
Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada berbagai
ketentuan dan peraturan
|
5
|
Kerja Keras
|
Perilaku yang menunjukkan
upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,
serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
|
6
|
Kreatif
|
Berpikir dan melakukan
sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
|
7
|
Mandiri
|
Sikap dan perilaku yang tidak
mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas
|
8
|
Demokratis
|
Cara berpikir, bersikap,
bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
|
9
|
Tasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang
selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang
dipelajari dilihat dan didengar
|
10
|
Semangat
Kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak dan
berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan
sendiri dan kelompok
|
11
|
Cinta Tanah
Air
|
Cara berpikir berbuat dan
bersikap yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi
terhadap bahasa , lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan politik
bangsa.
|
12
|
Menghargai
Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu, yang berguna bagi masyarakat, dan
mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain.
|
13
|
Bersahabat/
Komunikatif
|
Tindakan yang memperlihatkan
rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
|
14
|
Cinta Damai
|
Sikap, perkataan, dan
tindakan yang menyebabkan orang lain merasa
senag dan aman atas kehadiran dirinya
|
15
|
Gemar Membaca
|
Kebiasaan menyediakan waktu
untuk membaca berbagai bacaan yang memeberikan kebajikan bagi dirinya
|
16
|
Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang
berupaya mecegah keruakan lingkungan alam sekitar dan mengembangkan upaya
untuk memperbaiki kerusakan lingkungan
yang terjadi
|
17
|
Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan yang
selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
|
18
|
Tanggung Jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang
untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya ia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya)
negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
19
|
Adil
|
Sikap yang berpihak pada yang
benar, tidak memihak, berdasar pertimbangn peraturan, ketentuan yang wajar
|
20
|
Dapat Dipercaya
|
Sikap komitmen apa yang
dipercayakan, diserahkan, dititipkan
|
21
|
Pemaaf/Tidak dendam
|
Sikap mengampuni dan
melupakan kesalahan orang yang telah menyakiti dan tidak menaruh rasa dendam,
menolak permusuhan/amarah
|
22
|
Arif dan Bijaksana
|
Menghindari perkataan dan
tindakan yang berkonsekwensi tidak diharapkan,berhati-hati dalam berbicara,
menggunakan akal budi dengan cermat
|
23
|
Baik Sangka
|
Bersikap dan berpendapat
positif sesuatu yang sebatas perkiraan/dugaan
|
24
|
Keberanian
|
Bersikap membesarkan jiwa
yang luhur, rela berkorban
|
25
|
Cekatan
|
Cepat bertindak, melakukan
dengan tangkas dan cakap
|
26
|
Cerdas
|
Pintar , memiliki akal yang
logis, mampu memecahkan persoalan , cepat mengatasi masalah
|
27
|
Cermat
|
Jeli , berhati-hati dalam
menggunakan sesuatu (uang,barang), hemat, teliti
|
28
|
Dermawan
|
Memiliki sikap senang memberi
dengan ikhlas dan tanpa pamrih
|
29
|
Dinamis
|
Penuh semangat dalam
mengikuti perkembangn iptek
|
30
|
Efisien/ Hemat
|
Hemat tidak boros dalam
menggunakan sesuatu
|
31
|
Gigih
|
Berkemauan kuat, tidak kenal
menyerah. Tegar, tidak mudah goyah
|
32
|
Gotong Royong
|
Bekerja secara sosial,
bersama sama dan mau memahami pembagian tugas untuk kebersamaan
|
33
|
Hormat
|
Menghargai sikap, pembicaran,
keberadaan orang lain sesuai dengan situasi
|
34
|
Ikhlas
|
Memberi atau menerima sesuatu
dengan tulus hati , dan rela
|
35
|
Lugas
|
Seperlunya saja tidak
berlebihan dan tidak kekurangan, bersikap apa adanya, tidak dibuat-buat,
tidak mengada –ada.
|
36
|
Mandiri
|
Sikap tidak bergantung pada
orang /fihak lain, mampu bangkit dalam kondisi yang buruk
|
37
|
Pakewuh/Sungkan
|
Memiliki kepekaan rasa yang
berdasarkan pada budi pekerti luhur, tidak acuh/ndableg
|
38
|
Rajin
|
Memiliki sikap selalu/ suka belajar, bekerja dengan
sungguh-sungguh
|
39
|
Ramah
|
Baik hati, suka bergaul,
menyenangkan dalam pergaulan, senang menyapa lebih dulu.
|
40
|
Sabar
|
Sikap mampu dan mau menerima
situasi yang tidak dikehendaki, tidak mengeluh, tidak mudah marah/
tersinggung, toleran
|
41
|
Sopan Santun
|
Berbudi, bersikap, berbahasa
halus, tenang, belas kasih, hormat, beradap
|
42
|
Setia
|
Amanah berpegang teguh pada
pendirian, menurut perintah, patuh, tidak ingkar
|
43
|
Tertib
|
Melaksanakan aturan,
membiasakan rapi, berurutan
|
44
|
Berterima kasih
|
Mau menyatakn dan menghargai
kepada orang lain melalui sikap, bahasa/ucapan
|
45
|
Tepat Waktu
|
Mematuhi dan sungguh-sungguh
kualitas tugas dengan waktu yang disediakan, patuh dan menepati janji tepat
waktu
|
|