RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP MENELEPON ATAU MENYAMPAIKAN PESAN )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
VII/I
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran pendapat, gagasan
dan perasaan secara lisan melalui berbicara, bertelepon dan berdialog dalam
berbagai ragam bahasa dengan unggah-ungguh basa yang sesuai.
Kompetensi Dasar
: 2.2. Menelepon atau menyampaikan pesan lisan kepada orang lain.
Indikator :
2.2.1 Membuat rancangan
bertelepon atau menyampaikan pesan
dengan semangat toleransi.
2.2.2 Menelepon atau menyampaikan
pesan sesuai dengan teks yang dibuat secara bersahabat/komunikatif.
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
1.1 Siswa dengan semangat toleransi dapat menjelaskan tatacara menelpon /menyampaikan
pesan yang baik dan benar.
1.2 Siswa dapat menelepon / menyampaikan
pesan secara santun, bersahabat/komunikatif sesuai keperluan.
2. Materi Pembelajaran
2.1 Dialog melalui telpon
dengan teman, guru dan orang tua.
3. Metode Pembelajaran
3.1
Pemodelan
3.2
Demonstrasi
3.3
Ceramah
3.4
Tanya jawab
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
4.1 Pertemuan 1
4.1.1 Kegiatan Awal
4.1.1.1 Memeriksa kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
4.1.1.2 Memotivasi siswa untuk
berani berkomunikasi berbahasa Jawa
4.1.1.3 Membagi
kelompok untuk praktik menelepon atau menyampaikan pesan
4.1.2 Kegiatan Inti
4.1.2.1 Eksplorasi
4.1.2.1.1 Siswa
di dalam kelompoknya mencari topik/permasalahan yang akan diperagakan dalam
bertelepon atau menyampaikan pesan.
4.1.2.1.2
Siswa merancang pembagian tugas penokohan dalam bertelepon atau menyampaikan
pesan
4.1.2.2 Elaborasi
4.1.2.2.1
Siswa membuat naskah bertelepon atau menyampaikan pesan bersama kelompok.
4.1.2.2.2
Siswa memerankan bertelepon atau
menyampaikan pesan sesuai dengan naskah
4.1.2.3 Konfirmasi
4.1.2.3.1
Siswa melakukan refleksi atas dialog yang dilakukan
4.1.2.3.2
Siswa mendengarkan ulasan umum peragaan bertelepon atau peragaan menyampaikan
pesan yang telah berlangsung
4.1.3 Kegiatan Akhir
4.1.3.1 Memperhatikan
pesan/simpulan.
4.1.3.2 Mencatat tugas
dari guru untuk rancangan materi berikutnya.
4.2 Pertemuan 2:
4.2.1 Kegiatan Awal
4.2.1.1 Memeriksa
kehadiran siswa dan kebersihan kelas
4.2.1.2 Memotivasi
dengan pentingnya melakukan kegiatan dengan kesungguhan
4.2.2 Kegiatan Inti
4.2.2.1 Eksplorasi
4.2.2.1.1 Siswa
menyeting tempat untuk melakukan bertelepon atau menyampaikan pesan
4.2.2.1.2 Siswa
memeriksa kembali naskah yang telah dibuat minggu yang lalu
4.2.2.2 Elaborasi
4.2..2.2.1 Siswa
melanjutkan bertelepon atau menyampaikan pesan
4.2.2.2.1
Siswa berdiskusi tentang isi dan bahasa yang digunakan dalam bertelepon atau
menyampaikan pesan
4.2.2.3 Konfirmasi
4.2.2.3.1
Siswa menyampaikan catatan hasil diskusi tentang isi dan bahasa yang digunakan
dalam bertelepon atau menyampaikan pesan.
4.2.2.3.2
Siswa
mendapatkan penguatan tentang bertelepon atau menyampaikan pesan
4.2.3 Kegiatan Akhir
4.2.3.1 Memperhatikan
pesan/simpulan.
4.2.3.2 Mencatat tugas dari guru untuk rancangan
materi berikutnya
5. Sumber
Belajar
5.1 Buku
Sinau Basa Jawa
5.2 LKS
Pinter Basa
6. Penilaian
6.1 Jenis tes: Unjuk kerja
6.2 Bentuk : Uji petik prosedur
6.3 Instrumen
1.Gawea rancangan anggonmu nelpun Ibu guru sing isine takon babagan tugas amarga kowe ora mlebu sekolah!Utawa
2. Kowe didhwuhi ibumu ngaturake dhaharan kasenengane eyang lan ngaturake pesene ibu marang eyang!
1. Tindakna rancangan anggonmu nelpon utawa ngaturake pesenane ibumu !
FORMAT PENGAMATAN PERILAKU
BERKARAKTER
Kelas : .............................
Tanggal Pengamatan : ............................
FORMAT PENGAMATAN
KETERAMPILAN SOSIAL
Kelas : .............................
Tanggal Pengamatan : ............................
Keterangan :
A = Sangat baik
B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan
D = Memerlukan Perbaikan
Mengetahui Semarang, Juli 2015
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
.......................... .....................................